Latar Belakang Dan Sejarah Jaringan

Posted by mohammed edwin rizga On Monday, July 26, 2010 2 comments

Pada tahun 1940-an di amerika ada sebuah penelitian yang ingin memangaatkan sebuah perangkat computer secara bersama. Di tahun 1950-an terciptanya super computer mesti melayani beberapa terminal dari sinilah muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang di kenal naa TTS (Time Sharing System) bentuk pertama kali jaringan (Network) computer di aplikasikan. Pada system TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host computer.




Selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (distributed processing) dalam proses ini beberapa host computer mengerjakan sebuah pekrjaan besar secara paralel. Bebrapa terminal yang tersambung secara seri di sertiap host computer.


Selanjutnya ketika harga-harga computer, kacil sudah menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan computer dan jaringan sudah mulai beragam menangani proses bersama maupun komunikasi antara computer (Peer to Peer System) tanpa melalui comuter pusat. Sejak itu mulailah berkembang teknologi jaringan local yang di kenal dengan LAN (Local Area Network) ketika internet mulai di kenalkan sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai dan terbntuk lah jaringan raksasa di tingkat dunia uang di sebut dengan istilah WAN (Word Area Network).

Secara umum jenis-jenis jaringan computer terdiri atas 5 jenis :
  • Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam subuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilo meter. LAN sering kali di gunakan untuk menghubungkan computer-computer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik untuk memakai bersama sumber daya (recousse, misalnya printer) dan saling bertukaran informasi.











  • Metropolitan Area Network (MAN), Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.



































  • Wide Area Network (WAN), jangkawannya mencakup daerah geografis yang luas, sering kali mencakup sebuah Negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.






















  • Internet, sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, sering kali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap bias berkomunikasi dengan orang lain. Yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan ini memerlukan hubungan antara jaringan yang sering kali tidak kompatibel dan berbeda. Biasanya untukmelakukan hal ini di perlukan sebuah mesin yang disebut gateway gunanya melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang di perlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang di sebut jaringan.




















  • Wireles (Jaringan Tanpa Kabel), merupakan suatu solusi terhadap komunisasi yang tidak biasa di lakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunisasi walaupun sedang berada di atas mobil atau pesawat terbang. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak di gunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat di bandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

2 comments:

Post a Comment